Serunya Liburan Panjang di Malang dan Bromo

Pada saat libur panjang seperti yang terjadi saat ini, anda beserta keluarga ingin mengajak berlibur. Malang dan Gunung Bromo adalah destinasi utama yang sering di kunjungi pada saat libur panjang akhir tahun seperti saat ini. Malang adalah kota terbesar ke – 2 yang ada di Jawa Timur. Di Malang banyak sekali tempat wisata yang harus di kunjungi seperti Air Terjun, Bendungan, Pantai, Wisata Edukasi, dan masih banyak lagi. Kemudian di Gunung Bromo tidak hanya melihat keindahan sunset atau matahari terbit, disana masih bisa melakukan aktivitas lain. Kami akan memberikan sedikit ulasan tentang tempat wisata yang ada di Malang dan lalu kami akan membahas juga aktivitas apa saja yang bisa di lakukan di Gunung Bromo. Berikut ulasan tentang tempat wisata yang ada di Malang :

1. Coban Pelangi

Coban Pelangi atau yang dalam bahasa Indonesia disebut Air Terjun Pelangi ini terletak di Desa Gubukklakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jarak dari Malang kota sekitar 40 KM ke arah timur atau mengarah ke Tumpang (jika kurang paham maka ke arah Gunung Bromo atau Semeru), waktu tempuh bila mengendarai motor sekitar 30 menit, dan sekitar kurang lebih 1 jam bila mengendarai mobil. Waktu yang tepat untuk pergi ke sana adalah sekitar – an pukul 10.00 – 13.00, karena waktu – waktu itu pada saat matahari masih terik dan waktu yang tepat untuk melihat pelanginya. Untuk akses masuk ke Coban Pelangi anda harus membayar Rp. 5000 untuk 1 orang dan parkir motor Rp. 2000 lalu mobil Rp. 5000. Setelah membayar tiket masuk anda harus berjalan kaki sepanjang kurang lebih 1,5 KM, dan jalanannya cukup terjal. Namun setelah lelah berjalan kaki, lelah anda akan terbayarkan dengan pemandangan indah dari air terjun.

2. Pantai Tiga Warna

Siapa yang tidak kenal dengan Pantai Tiga Warna? Pasti anak – anak muda di Malang jaman sekarang pasti mengenalinya. Pantai yang indah dengan pasir yang putih dan pantainya memiliki 3 warna sekaligus. Walau pantai ini masih tergolong baru, sudah banyak wisatawan yang sudah mengunjungi pantai ini karena penasaran dengan warna airnya yang menurut banyak orang memiliki 3 warna sekaligus. Pantai ini baru dibuka menjadi tepat wisata pada tahun 2014. Pantai ini terletak di Desa Tambakrejo atau daerah konservasi Sendang Biru, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Rute ke Pantai Tiga Warna yaitu jalan menuju arah Gadang – Turen. Waktu tempuh dari Malang kota sekitar 2 – 3 jam perjalanan. Dan biaya untuk pintu masuk yaitu sebesar Rp. 5000,- dan anda harus menggunakan jasa tour guide sebesar Rp. 100.000,- dan itu untuk 1 kelompok. Dalam 1 kelompok berisikan maksimal 10 orang. Untuk berkunjung kesana ada kuota maksimal, ini dikarenakan untuk menjaga ekosistem dan kebersihan pantai. Dan pantai ini masih masuk dalam daerah konservasi Sendang Biru.

Setelah membahas sedikit tentang wisata yang ada di Malang, kemudian kami akan memberikan sedikit ulasan tentang wisata yang ada di Gunung Bromo :

1. Melihat Sunrise (Matahari Terbit)

Jika anda berkunjung ke Gunung Bromo tidak lengkap rasanya bila menikmati sunrise (matahari terbit). Di Gunung Bromo sendiri ada 5 titik untuk menikmati eksotisnya matahari terbit yaitu ada Penanjakan 1, Penanjakan 2, Puncak B29, Bukit Cinta, Bukit Kingkong, Seruni Point. Untuk melihat sunrise dari puncak tertinggi adalah Puncak B29, puncak ini memiliki ketinggian 2900 mdpl, dan ketinggian tersebut melebihi dari puncak Gunung Bromo yaitu 2393 mdpl.

2. Kawah Bromo

Kawah Gunung Bromo adalah objek wisata yang harus dikunjungi. Disini anda bisa menyaksikan aktivitas Gunung Bromo yang masih aktif hingga saat ini. Untuk mengunjungi Kawah Gunung Bromo ini anda bisa menunggangi Kuda yang telah disediakan (anda membayar lagi jika ingin menungganginya) atau berjalan kaki, lalu dilanjutkan dengan menaiki anak tangga yang berjumlahkan 250. Kawah ini memiliki garis tengah kurang lebih 800 m.