Tempat Pantai Di Malang Selatan Sebagai Destinasi Tempat Wisata

Saat musim libur tiba anda tentunya ingin pergi berlibur ke suatu tempat yang indah untuk melepas penat dan melupakan segala beban pikiran. Ada banyak tempat wisata yang dapat anda kunjungi apabila anda berada di Malang.Di Malang anda juga bisa Sewa Mobil Malang. Pantai adalah salah satu objek wisata yang juga banyak terdapat di Malang. Bagi anda yang berencana untuk berlibur di Kota Malang, ada baiknya anda mengunjungi pantai berikut ini yang dijamin akan membuat anda merasa fresh lagi.

1.     Pantai Balekambang

Pantai Balekambang adalah salah satu obyek wisata pantai yang paling terkenal di Malang. Pantai ini terletak di kecamatan Bantur, 65 Km sebelah selatan kota Malang. Pantai Balekambang terbentang dengan sangat indah dimana terdapat karang laut sepanjang 2 km dan memiliki lebar 200 meter ke arah laut.

Terdapat 3 pulau yang terdekat dengan dengan pantai ini, yaitu Pulau Ismoyo, Pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni. Tepat di atas pulau Ismoyo, terdapat sebuah Pura megah yang bernama Pura Luhur Amertha Jati, dan sebuah jembatan yang menghubungkannya melalui pantai utama Balekambang.

2.     Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep berada di tepi Samudera Indonesia, tepatnya di desa Kedungsalam kecamatan Donomulyo, 62 km dari arah selatan kota Malang. Pantai Ngliyep adalah pantai dengan keindahan alam yang masih natural dengan perpaduan tebing-tebing yang curam dan hutan lindung di sekeliling pantai. Pasir putihnya yang masih alami dan ombak yang serasa bermain di sela-sela tebing membuat pantai Ngliyep layak untuk dikunjungi.

Setiap tahun, di bulan Jawa tepatnya bulan Maulud, pantai Ngliyep akan lebih ramai dari biasanya karena digelar acara ritual bertajuk Upacara Labuhan yang di gelar tanggal 15 Maulud. Upacara Labuhan adalah bentuk upacara pengorbanan, dimana kepala hewan ternak seperti kambing atau sapi akan dikorbankan kedalam laut sebagai sesaji.

3.     Pantai Sendang Biru

Pantai Sendang Biru adalah pantai yang terletak di kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang sekitar 30 Km bagian selatan Malang. Pantai Sendang Biru berpotensi sebagai obyek wisata yang sangat indah yang bisa dikunjungi. Di pantai ini terdapat objek wisata yang terkenal yaitu pulau Sempu. Dengan adanya pulau Sempu ini, membuat pantai Sendang Biru memiliki ombak yang tidak terlalu besar layaknya pantai laut selatan lainnya. Pantai ini juga dikenal sebagai tempat pendarat dan pelelang ikan di Malang.

Pulau Sempu, merupakan cagar alam yang berdanau tawar penuh ikan lele di tengah hutannya dan juga danau air laut. Pulau yang ditumbuhi pepohonan tropis seluas 877 hektar ini adalah cagar alam yang di kelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur (BBKSDA) dan Departemen Kehutanan Indonesia. Secara resmi tempat ini diakui sebagai cagar alam sejak 1928 pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Di pulau ini terdapat laguna yang sangat indah bernama Segara Anakan. Apabila anda ingin mengunjugi laguna tersebut harus memiliki izin dan ditemani oleh guide dari pengelola cagar alam.

4.     Pantai Goa Cina

Pantai Goa China adalah sebuah pantai di pesisir selatan yang terletak di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Nama asli pantai ini adalah Pantai Rowo Indah, namun karena pernah terjadi peristiwa kematian seorang China yang sedang bertapa di dalam goa yang ada di kawasan pantai ini, nama Rowo Indah kalah popular daripada Goa China sampai sekarang.

Luas area Pantai Goa China tidak begitu luas, namun keberadaan tiga pulau yang berada di tengah-tengah pantai membuat pandangan lebih indah. Di pinggir pantai ini cukup asri, pohon-pohon berbagai jenis seperti pohon cembirit, ketapang, dan pohon jenis tutup berjajar rapi di area pinggir pantai. Pohon-pohon ini cukup meneduhkan pengunjung, apalagi di bibir pantai yang cukup jernih hingga kelihatan batu karangnya. Pantai ini juga menyajikan fenomena alam yang langka, yakni terjadinya gelombang bersimpangan tidak keruan dari tiga arah selatan, timur dan barat. Arus gelombang itu selalu bertabrakan di antara Pulau Bantengan dan Pulau Nyonya. Karena arus gelombang yang bertabrakan demikian kuat, sehingga memunculkan suara bergemuruh. Inilah salah satu fenomena alam yang cukup langka di pantai Malang Selatan. Oleh karena besarnya ombak, tidak ada perahu nelayan yang berani bersandar di pantai ini.