Wisata Kuliner Banyuwangi Yang Nikmat dan Khas

Kembali ke Banyuwangi, kota yang di juluki sunrise of java ini adalah kota yang menyimpan banyak sekali keindahan alam yang menyejukkan hati. Banyak tempat wisata seperti gunung, pantai, air terjun, taman nasional, dan masih banyak lagi tempat wisata lainnya. Banyuwangi juga menjadi kota yang banyak dikunjungi para turis untuk berselancar di pantai – pantai banyuwangi, karena banyuwangi dikenal memiliki pantai dengan hamparan ombak yang cukup tinggi yang cocok unutk kegiatan surving atau berselancar. Nah, kali ini yang akan dibahas adalah wisata kuliner khas  banyuwangi. Walaupun tidak semua makanan di sini kuliner khas banyuwangi, namun ada juga makanan yang menjadi ciri khas banyuwangi, berikut beberapa makanan khasnya :

– Rujak Soto

Mendengar kedua makanan ini memang cukup unik, 2 varian jenis makanan bersatu dan menjadi makanan khas. Rujak dengan lontong, tempe, tahu, dan aneka sayuran yang di tambah bumbu kacang, dicampur dengan kuah soto yang berisi kulit sapi dan babat. Sajian ini menjadi khas di banyuwangi karena rasanya yang maknyus. Dengan perpaduan antara tempe, tahu, lontong, buah dan sayur lengkap dengan daging, ditambah dengan kuah soto yang bening dan nikmat. Inilah mengapa mastarakat banyuwangi menyebutnya rujak soto. Peansaran dengan rasanya ? bila ke Banyuwangi jangan lupa mencoba kuliner satu ini ya.

– Sego Tempong (Nasi Tempong)

Berikutnya adalah kuliner khas yang banyak dijumpai di kota hingga beberapa wilayah kabupaten di banyuwangi, yakni sego tempong. Mengapa dinamakan sego tempong? Ini karena di dalam sepiring sego tempong terdapat sambal yang cukup banyak dan membuat wajah anda memerah di ibaratkan seperti di tempong (ditampar).

Makanan ini berisikan aneka sayuran yakni timun, daun ketela, kacang panjang, terung dan lainnya. Untuk lauknya bisa menggunakan apa saja, tetapi biasanya tidak ketinggalan adalah tahu, tempe dan dadar jagung, ditambah dengan sambal khas banyuwangi yang membuat kita merasa ketagihan dengan rasanya. Jangan lupa mencoba ya.

– Pecel Rawon

Banyuwangi memang menyuguhkan kuliner yang cukup unik, kali ini adalah pecel rawon makanan khas banyuwangi satu ini bisa kita jumpai  di rumah makan di sekitar kota Banyuwangi, tepatnya di jalan LA Sucipto 60, Banyuwangi. Pecel dengan aneka sayuran, tahu, tempe dan bumbu kacang ditambah dengan kuah rawon yang membuat rasa kuliner satu ini menjadi sangat mantap. Pecel rawon cocok dinikmati dengan beberapa pilihan lauk pauk, yakni empal daging, udang, telor, ayam dan di beri tambahan rempeyek kacang. Makanan ini cocok dinikmati saat suasana hujan dan pastinya suasana lapar ya, hehehe. Selamat menikmati kuliner satu ini.

– Botok Tawon (lebah)

Lebah atau tawon memang pada umumnya menghasilkan madu yang sangat manis dengan berbagai macam khasiat. Namun di banyuwnagi beberapa orang memanfaatkan rumah tawon di kelola menjadi kuliner yang sangat lezat. Namun untuk mendapatkan kuliner khas satu ini agak susah, karena memang pembuatannya yang terbuat dari sarang tawon. Bumbu dan isi dari botok tawon ini adalahsarang dan anak tawon dipotong kecil – kecil, gula merah, asam, tomat, bawang merah. Dan selanjutnya di kukus di dalam dandang. Botok tawon diyakini bisa meningkatkan stamina pada tubuh pria. Namun jika anda alergi terhadap botok tawon akan menimbulkan gatal – gatal di sekujur tubuh. Jadi untuk menikmati kuliner botok tawon silahkan langsung datang ke beberapa pasar di dawerah banyuwangi yaa,